Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Kerusakan Speaker Aktif dan Cara Memperbaikinya

Macam-Macam Kerusakan Speaker Aktif dan Cara Memperbaikinya. Berbagai macam kerusakan dari sebuah perangkat elektronik memang akan sangat sulit apabila kita jelaskan secara detail karena dari kerusakan perangkat elektronik tersebut berbeda-beda. Namun kerusakan tersebut bisa kita ketahui dengan ciri-ciri dan tanda-tanda dalam mencari letak kerusakannya.

Dari hal tersebut apabila kita ingin memperbaiki speaker aktif yang rusak maka kita juga harus cermati dari tanda-tanda kerusakannya. Pada umumnya kerusakan perangkat elektronika akan muncul tanda-tandanya tersendiri. Sebagai misal apabila speaker aktif kresek-kresek maka hal tersebut umumnya rusak pada potensio meternya.

Berkaitan dengan hal ini maka berikut ini adalah macam - macam kerusakan yang umum atau sering terjadi pada sebuah speaker aktif dan juga cara memperbaikinya.

Macam-Macam Kerusakan Speaker Aktif dan Cara Memperbaikinya


Macam-Macam Kerusakan Speaker Aktif dan Cara Memperbaikinya

Speaker aktif berdengung.

1. Speaker Aktif Pakai IC.
  • Speaker aktif yang pakai  IC TDA2030A ,TDA2005, TA7283AP, STK4050 dll. periksa IC tersebut apabila sort ( rusak ) dan terlihat retak atau ada bekas meletus langsung saja ganti IC tersebut.
  • Periksa dioda vcc
  • Periksa elco vcc
2. Speaker Aktif Pakai Transistor.
  • Periksa TIP41,TIP42,TIP31,TIP32,D313,B507,MDL2988,MDL3088,TIP2955,TIP3055,2SA1943,2SC5200,2SA1216,2SC2922,A1941,C5198.
    cek transistor dengan Multimeter bila memang rusak atau sort ganti transistor tersebut.
  • Periksa juga dioda zener yang ada di pcb rangkaian speaker aktif bisanya ada yang mati atau sort salah satu.
  • periksa R 100 ohm vcc + dan vcc - biasanya sort sebelah / terlihat hangus ( terbakar ).
  • Periksa transistor BD139 dan BD140.
  • Periksa R kapur 0,5 ohm 5 watt - 0,47 ohm 5 watt.
  • Periksa elco power supply ( 2200uf/50v,3300uf/50v,4700uf/50v,dll ) bisanya meletus atau melembung sebelah.
  • Periksa 4 dioda power supply bisanya mati salah satu atau konslet.

Speaker Aktif Suara Krepek-Krepek Atau Tidak jernih.

1.Speaker Aktif Pakai  IC.
  • Periksa elco kecil di sekitar IC tersebut bila ada yang sort langsung aja ganti.

2. Speaker Aktif Pakai Transistor.
  • Periksa transistor final nya ( TIP41,TIP42 dll ) biasanya rusak salah satu pada bagian Emitornya putus.
  • Periksa R kapur biasanya mati satu atau sebelah.
  • Periksa dioda zener di pcb biasanya ada satu atau dua yang mati ( sort ).
  • Periksa juga loud speaker suara tidak jernih atau krepek-krepek terkadang bisa dari loud speaker nya rusak.

Speaker Aktif Kecil Sebelah atau Suara Tidak Seimbang.
  • Periksa potensio balance tapi terkadang juga tidak ada potensio balance tergantung merk speaker aktifnya.
  •  Periksa potensio volume control.
  • Periksa jalur input atau jek RCA ( kabel input ke dvd player,mp3 playe,radio tuner fm,dll ) biasanya konslet sebelah atau rusak sebelah.
  • Periksa kabel speaker nya bisa juga karena jack speaker nya longgar.

Spaker Aktif Suara Keras dan Pelan Sendiri.
  • Periksa jack RCA biasanya ada yang kurang rapat atau sudah longgar.
  • Periksa potensio volume control dan potensio yang lain ( potensio bass,trebel ).

Speaker Aktif Tidak Keluar Bass.
  • Periksa potensio bass jika rusak ganti dengan yang baru.
  • Kalau speaker aktif yang pakai subwoffer pariksa potensio subwoffer nya biasanya potensionya rusak, selain itu bisa karena ic nya mati.

Speaker Aktif Tidak Keluar Treble.
  • Periksa potensio trebel.
  • Periksa speaker twiter atau mic kecer.

Speaker Aktif Mati Total dan Lampu Indikator Tidak Menyala.
  • Untuk pertama cek kabel listrik atau Jack stop kontak AC.
  • Periksa saklar ON / OFF.
  • Periksa trafo.
  • Periksa 4 dioda.
  • Periksa kabel yang menghubungkan pcb ke trafo.

NB : Tidak semua kerusakan speaker aktif mengalami letak kerusakan yang sama beda merk beda juga rangkaiannya. Dalam memperbaiki kerusakannya maka kalian harus melakukan pemeriksaan secara keseluruhan. Tentunya masih banyak kerusakan-kerusakan speaker aktif dan juga letak kerusakannya.

Demikian pembahasan tentang berbagai macam kerusakan speaker aktif. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan kita dan terlebih semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

38 komentar untuk "Macam-Macam Kerusakan Speaker Aktif dan Cara Memperbaikinya"

  1. Selamat siang mas, saya mau tanya mengenai speaker aktif, saya baru saja mengganti power speaker aktiv saya yang rusak dengan power speaker aktiv yang di jual umum di pasaran yaitu isabel SX2500 setelah semua di pasang, suara yang keluar sember tidak normal, apakah ini di sebabkan oleh power dari travo yang tak cukup? Karena saya tetap pakai travo lama yang tegangan 20V, sedangkan tegangan yang di butuhkan pada rangkaian power yg baru itu 24V, mohon bantuannya, terima kasih sebelumnya
    Salam
    Johanes

    BalasHapus
  2. SLAMAT SIANG MAS,MAU NANYA SOAL LSPEKER AKTIP MAS, AWAL RSAKNYA D313 ADA 2BH PUTUS DAN R JGA ANGUS DAN SMUANYA DA DI GANTI, SUARA KLUAR BAGUS DAN BEBERAPA MNIT TMBUL SUARA DSING... DAN SUARANYA MNJDI KCIL, PRIKSA DAN DIPRIKSA GAK DAPAT JUGA PNYAKITNYA MAS... MOHON SOLUSINYS MAS

    BalasHapus
  3. mungkin saja sob karena apabila tegangan yang di buthkan power amp tidak sesuai dengan asupan yang di butuhkan mka power amp tdak mmpu bkerja maksimal.trmaksih

    BalasHapus
  4. coba cek R kapur / R yg mnju emitor penguat finalnya,,,thank's

    BalasHapus
  5. Maaf saya mau tanya mas, speker aktif saya menggunakan tr final 2 buah tip 41c,awal mulanya tr tip 41c nya mati, setelah saya ganti ada suara tapi kalau bas dikuat kan suaranya serak, kalau bas dikecilkan suaranya enak, kira2 apanya lagi yang rusak ya mas? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  6. assalamuallaikum bg mau tnya speker aktifku tr tip 42 41 dan yang laen bagus . tapi kalau di hidupkan malah jadi radio ap yg salah bg .. terimakasih

    BalasHapus
  7. gan aku memperbaiki power 600w kok tr drivenya sering jebol,mohon solusinya thanks

    BalasHapus
  8. mas mw tanya sya lgi ada masalah speaker aktif,, awal kerusakan mbengung kemudian saya cek ternyata transistor TIP41 TIP42 BD139 BD140 Diode 4148 5bh short semua trus dah saya ganti, lalu saya cba tapi blum ada 15M tiba2 TIP41 R100 R330 terbakar. kemudian saya cba ganti yang terbakar yang lain sya cek normal, tapi sya cba suara jadi ga karuan + mbengung + TIP41 terbakar lagi... kira2 yang rusak bagian mna lagi ya?? mohon bantuan nya.. makasih.

    C3300/ 35v jga dah sya ganti semua..

    BalasHapus
  9. Terimakasih atas info service speakernya Salam kenal dari kami.

    BalasHapus
  10. Sangat lengkap ulasan tentang Macam-macam Kerusakan Speaker Aktif ini gan, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca, khususnya buat saya pribadi.

    BalasHapus
  11. Power ane open air 8 TR stereo yang sebelah nya bila hidup dia dengung plus trafo nya getar. Sedangkan sebelah nya TR final nya hidup normal tapi tidak lebih dari 10 menit,TR nya jebol lagi. Tolong solusi nya mas

    BalasHapus
  12. permisi mas mau tanya speaker saya suaranya kadang besar kadang kecil sendiri tapi lebih sering besar sendiri walaupun di lepas colokannya tetep bunyi krepek krepek mohon bantuannya

    BalasHapus
  13. mas mau tanya speaker saya berdengung, merek speaker saya realtek ac97 mohon solusinya

    BalasHapus
  14. Saya punya speaker aktif merk polytron matot alias mati total setiap pasang sekring baru selalu putus N lampu di rumah mati semua. Kira2 apanya mas yang harus di ganti? Saya masih awam tapi saya mau belajar

    BalasHapus
  15. permisi gan numpang nanya nih, speaker acer yg buat komputer sy kalau di nyalain ga ada bunyi musik yg sedang di setel, lampu indikator nyala yg terdengar cuma bunyi duk duk duk terus menerus.kira kira apanya ya gan??? mohon petunjuknya.mks

    BalasHapus
  16. Halo mas, speaker aktif polytron pas 79 sy tetap ada suara meski volumenya udah mentok turun kira2 apanya ya, tp masih bisa di putar ke kanan dan suaranya pun bertambah.

    BalasHapus
  17. Bisa jadi itu rusak pada potensio volume nya

    BalasHapus
  18. bang, kalo Speaker aktif suara klerek-klerek tidak jernih atau krepek-krepek ada sangkut pautnya ga sama kabel jek-nya??

    BalasHapus
  19. gan mohon pencerahan, bas ane tiba" suaranya kurang kenceng padahal treblenya normal, kira" apa ya yang harus diperbaiki/diganti ??? terimakasih

    BalasHapus
  20. Selamat siang mas, saya mengalami permasalahan terhadap speaker Simbadda CST 6800 tiba2 output suara tidak maksimal dan kresek. Kabel RCA input masih bagus saat dicoba di speaker aktif lain. Semua tombol jadi tidak berfungsi termasuk menggunakan remot. Yang ingin saya tanyakan apa yang menjadi kerusakannya?? Mohon petunjuk dan bimbingan, terima kasih.

    BalasHapus
  21. Saya baru beli speaker polytron PAS 79 suara normal sih gak ada kendala bluetoot juga baik2 saja. Namun sedikit agak mengganggu suaranging Apabila musik di play memang hilang mungkin karna tertutup suara musik. Dan apabila musik di stop bunyi Tidak hilang. Yang jadi masalahnya apa ya gan? Trims

    BalasHapus
  22. Saya mau nanya, apakah normal jika speaker aktif dalam keadaan posisi ON mengeluarkan suara dengungan kecil yang suara kayak tv gk ada siarannya.

    BalasHapus
  23. Coba di cek juga R yang menuju output speaker mas, cek juga dioda yang ada di rangkaian power amplifier nya biasanya short.

    BalasHapus
  24. Kalau muncul gelombang radio biasanya dari elco nya mas coba ganti yang baru.

    BalasHapus
  25. Betul mas terkadang suara krepek-krepek dipengaruhi oleh jack RCA longgar atau sudah mulai rusak.

    BalasHapus
  26. Bisa jadi karena potensio bass nya telah rusak atau kotor mas periksa dahulu jika memang rusak di ganti saja.

    BalasHapus
  27. Jika TR sering mati atau jebol kemungkinan besar ada jalur yang konslet selain itu tegangan terlalu tinggi bisa jadi penyebabnya.

    BalasHapus
  28. Periksa juga tegangan power supply normal dan stabil gak mas bisa jadi dari elco dan dioda nya sort sebelah.

    BalasHapus
  29. Hal pertama yang perlu di curigai adalah tr finalnya mas khususnya yang berdengung. Coba cek apakah dalam keadaan baik semua.

    BalasHapus
  30. Bisa karena rusak potensio nya mas khususnya potensio volume.

    BalasHapus
  31. Cek tr finalnya mas kalau pakai IC berarti rusak IC nya selain itu bisa jadi dari dioda power supply nya

    BalasHapus
  32. Cek Trafonya mas jika pakai AC matic atau SMPS periksa rangkaian tersebut. Terkadang SMPS rusak bisa menyebabkan listrik jeglek.

    BalasHapus
  33. Bisa jadi kerusakan dari power supply nya mas silahkan cek dioda dan elco yang ada di rangkaian power supply.

    BalasHapus
  34. Kemungkinan ada komponen yang sort mas. Coba cek dioda,elco, dan transistor yang ada pada rangkaian driver amplifiernya.

    BalasHapus
  35. Sebenarnya itu tidak menjadi masalah mas hanya saja hal itu terjadi akibat imbasan noise dan hal itu wajar bukan karena kerusakan.

    BalasHapus
  36. Hal itu wajar-wajar saja mas dan bukan karena kerusakan.

    BalasHapus
  37. klu tegangan + dan - nya tidak seimbang bagaimana gan,tr tip41/42 jadi cepat panas dan rusak speaker aktif polytron pas68

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi hal itu rusak pada bagian elco power supply biasanya elco kering sebelah coba dicek.

      Hapus