Skema Inverter atau Rangkaian Merubah Tegangan DC 12 volt Menjadi AC 230 volt

60 komentar

divaizz.blogspot.com
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi atau akan membahas serta mengulas tentang rangkaian inverter,inverter bisa juga di sebut sebagai penaik tegangan salah satunya penaik tegangan dari DC volt menjadi tegangan AC volt.

Dan yang akan saya bahas ini adalah skema rangkaian merubah tegangan DC 12 volt ke tegangan AC 230 volt,tegangan DC 12 volt ini bisa berasal dari accu / aki atau juga bisa dari baterai,skema serta bahan inverter ini cukuplah sederhana namun inverter ini memiliki kegunaan yang cukup penting.


Andaikan saja di rumah kita lagi terjadi pemadaman listrik oleh PLN maka inverter ini bisa kita jadikan alternatif cadangan pengganti listrik PLN,cara membuatnya pun tidaklah sulit dan dengan biaya yang terjangkau.Apabila anda ingin merakit / membuat inverter ini berikut daftar komponen yang harus di persiapkan :


  • 1 buah trafo CT 1 Ampere- 2 Ampere
  • 2 buah Transistor NPN 2n3055 ( jengkol ) + pendingin
  • 2 Buah resistror 690 ohm 1,5 watt
 Berikut skema inverter 12 VDC ke 230 VAC :



HTTP://DIVAIZZ.BLOGSPOT.COM


Dari skema di atas output / keluarnya tegangan AC adalah 230 volt 300 watt apabila ingin meningkatkan volt dan watt nya maka tambah transistor serta gunakan trafo yang ampernya besar.

Mungkin kita susah mendapatkan resistor dengan ukuran 690 ohm di pasaran / di toko elektronik maka kita bisa menggantinya dengan ukuran 2k2 ohm / 2200 ohm 3 buah dan disambung secara paralel,untuk 2 buah resistor 690 ohm maka resistor 2k2 ohm yang di perlukan 6 buah,cara paralel resistor lihat gambar di bawah :
http://divaizz.blogspot.com



Download


Hati-hati dalam mengerjakan atau dalam mencoba rangkaian di atas di karenakan output nya adalah tegangan tinggi jangan sampai kita menyentuh bagian output / keluar tegangan tersebut.



SEMOGA BERMANFAAT
Share this article :

+ komentar + 60 komentar

Anonim
23 April, 2013 23:31

maaf lagi belajar boss? yang colektor,emitor dan basisnya yang mana aja ya untuk tr 2n3055

24 April, 2013 00:54

oh ya lupa blum ngsih ktrangan transistornya,ok sob untuk kaki B ( Basis )itu yng menuju Resistor,sedangkan E ( Emitor ) yng mnju tgangn - 12v,sedangkn dn C ( Colektor )mnju ke trafo..
Trmaksih udah mmpir sob & jg ats msukannya

Anonim
02 Mei, 2013 00:04

Trimakasih atas infonya, ini sangat berguna bagi kami yg tinggal di daerah kalimantan khususnya di perusahaan kelapa sawit yg listriknya cuma sore , pagi . Siang ga nyala , jadi ini sangat bermanfaat

05 Mei, 2013 22:16

trmaksih jg ats kunjungnnya,lain wktu brknjung lgi ya n bca jg artikel menarik yg lain..

08 Mei, 2013 16:41

gan kalo 2n3055 kaki nya cuma 2 jadi yang B,C dan E nya yang mana??

10 Mei, 2013 09:08

safi# untuk 2n3055 yg model FET / biasa di sebut jengkol itu C terletak pd badanya, sementara untuk menentukan B & E,lihat dan hadapkan transistor tersebut dengan posisi tegak berdiri di depan kita dengan no seri / tulisan di belakang serta kakinya berada di kiri dan kanan ,kalau kita cermati serta di ukur dengan penggaris maka jarak letak ke dua kaki transistor terebut tidaklah tepat di tengah melainkan agak ke atas sedikit.dari situ kita bisa mengetahui letak B & E yaitu B kaki kiri & E kaki kanan.begitu sekirannya terimakasih telah berkunjung

Anonim
12 Mei, 2013 18:22

mas saya maw belajar juga nih...
maw tanya sebenarnya transistor itu fungsinya untuk apa dalam rangkaian inverter ini ? apakah untuk mengubah sinyal DC atau kah untuk hal lain ?
dan mengapa yang dipakai transistornya transistor 2N3055 ?
maaf ya mas tanya melulu... hhehe
saya Tedy
no : 08990421547

YUDY
20 Mei, 2013 09:56

" Nambahin dikit : Fungsi transistor dalam rangkaian itu sebagai switching dan kenapa pakai 2N3055 untuk mendapatkan amper serta daya yang besar kurang lebih begitu..."
" Untuk Resistor bisa digunakan 470 ohm / 2 Watt & 220 ohm / 2 Watt dirangkai seri untuk mendapatkan tahanan sebesar 690 Ohm / 2 Watt "

25 Mei, 2013 08:53

yapz....betul kta ms yudy.trims

25 Mei, 2013 11:03

wah yg ini kayaknya mantep nih,,,tp utk transistornya pake MJ3055 bisa gha gan,,terus utk yg d atas utk nomer serinya dua2nya harus sama 2N3055 semua apa satunya lg pake yg 2N2955,,,

26 Mei, 2013 20:33

kamsiah bos,,,tas infone,,,sangat bermanffat buat saya,,,karna saya sudah berhasil merangkai nya,,dan juga saya gunakan hasil nya ok,ok,,jadi g perlu takut akn mati lampu lagi,,,

27 Mei, 2013 08:28

1 buah trafo CT 1 Ampere-
2 Ampere 2 buah Transistor NPN 2n3055 ( jengkol ) + pendingin
3 Buah resistror 690 ohm 1,5 watt

disitu kan dibutuhkan 3 resistor,tapi saya liat diskema cuma ada 2 resistor yg dipasang,trs yg 1 nya dipasang dimna gan

27 Mei, 2013 21:37

muhammad haffidz : Ente minat mo bikin
rangkaian inverter biar klo bayar pajak motor
murah ya...heheheheh....:D

ikhsan : Kira kira trafo adaptor penurun
tegangan 3 . 4,5 .s/d 15 v bisa di guñakan
tdak...???

28 Mei, 2013 01:42

evan#..dua-dunya pkai transistor sama yaitu 2n3055 bukan MJ3055 / 2N2955 itu mah kebalik atu kang....hehehe... atur nuhun

28 Mei, 2013 01:46

muhammad..# waiyaahhh...sory kang saya slah tulis...hahahaa..udah tak betulin n trimakasih atas sarannya kang...

28 Mei, 2013 01:48

achew...# bisa saja di coba aj dulu ...hehe...

28 Mei, 2013 18:19

maaf gan kalo trafo adaptor yg ane bilang ane bilang ini link'y

http://m.facebook.com/photo.php?fbid=531219493606537&id=100001554734290&set=a.321058154622673.74546.100001554734290&refid=8&_ft_=qid.5882986378485016029%3Amf_story_key.-9107322294861487781

Anonim
29 Mei, 2013 02:54

1 buah trafo CT 1 Ampere- 2 Ampere
2 buah Transistor NPN 2n3055 ( jengkol ) + pendingin
2 Buah resistror 690 ohm 1,5 watt
nah dari keerangan sodara n gambar skema,a saya ada pertanyaan..??
1. digambar skema tidak ada resistor 360 ohm/pengganti,a 2k2 ohm itu letak,a dimana??
2. digambar skema,a 690 ohm itu ada 1, klo 2 690 ohm disusun apa?(pararel/seri)

31 Mei, 2013 01:40

makasih gan dah dijawab pertanyaan ane,
ane mo nanya lg nih klo buat komputer bisa nggak gan,trs trafo pake 5ampere komponennya di tambah nggak?
Ditunggu jawabanya gan

31 Mei, 2013 21:17

sma" ms bro smga sukses..lain wktu mampir lagi yaa,,,,

31 Mei, 2013 21:29

itu skemanya sama ms bro jd saya hnya beri keterangan resistor sebelah saja n bsa di simpulkan rsistor 690 ohm yg stunya ada di sblah kiri dekat tgngan -12 vdc.klo msh kurng fham gk sah rgu tnya aj ms bro,,,,trims

Anonim
01 Juni, 2013 19:22

gan kalo mo buat keluaran 500w perlu berapa jengkol n nyusunnya gimana,seri ato paralel n perlu berapa resistor...
maaf gan agak bnyak pertanyaan,baru mo belajar jg...
o ya gan kalo 2n3055 ud pasti npn ato harus di cek ge...
mohon penjelasanny gan...

05 Juni, 2013 13:31

Gan Outputnya Brapa Watt ?

05 Juni, 2013 13:40

plis balas ke 082192725438

13 Juni, 2013 00:24

ak sudah nyoba merakit skema di atas dan selesai, tpi kok gak mau nyala? bisa nyala tpi harus di (sentuh lepas2) dan hidup ny pun ngedip. masalah ny ap ea...... ap masih ad alat laen......?

15 Juni, 2013 19:53

Heri...# Untuk skema di atas output nya berkisar antra 300 watt sja klau ingin menmbah watt jg ampere maka transistornya hrus di tmbah n di rngkai paralel....terimakasih

28 Juni, 2013 13:11

gan. itu biaya komponen2 ny berkisar brapa gan ?

29 Juni, 2013 09:48

gak nyampek 50 rb ms broo...hehee..triimzz

30 Juni, 2013 17:19

hehe
oia minta no hp ny la gan ,?
alny maw belajar bwt inverter gan ..
bnyak jgak maw kutanyak gan..
hehe..
makasih sblum ny gan ,,

01 Juli, 2013 20:04

gan.. blz k no ini la gan ..
085658586226
makasih gan sblum ny ...
mohon blsan nya ,,

02 Juli, 2013 13:13

gan,, yang output keluaran nya 0-220 bsa gak ??
230 gag ada gan ,,

pelor
03 Juli, 2013 11:58

klo dipake untuk 220v masalah apa nggak?

safratilova
03 Juli, 2013 12:04

klo pake aki motor bisa kan? maaf nanya trus ihsan....he..he

Anonim
03 Juli, 2013 18:52

kalau ingin tau no hp nya mas divaizz,cari n add aj fbook nya. facebook.com/divaizz

10 Juli, 2013 08:42

bagaimana dengan frekwensinya mas bro?

20 Juli, 2013 09:26

aturnuhun aGan Ikhsan Ardianto atas infona sangat bermanfaat

Anonim
21 Juli, 2013 15:35

kalau pake 4 transistor paralel nya + resistor apa ga mas?

25 Juli, 2013 00:25

2n3055 itu sudah pasti NPN gk perlu lgi di cek

25 Juli, 2013 00:38

no hp saya di home blog ini kan ada kawan...di sini saya tawarkan semua kemudahan mau pesan driver power jg bsa tuh,,,heheee,,,

25 Juli, 2013 00:47

ya itu benar bro 230 nya gk ada tapi yang di maksud 230 di atas adalah output tegangannya..begitu kiranya kawan trimz yaa...

25 Juli, 2013 00:55

tidak masalah coba aja kawan....

25 Juli, 2013 01:52

bisa aja slamat mncoba...

25 Juli, 2013 01:55

sama2 kang donny..thank's uadh mmpir

25 Juli, 2013 01:58

ya klau pkai 4 Transistor R jga 4 sma jmlah transistor yang di paralel...

25 Juli, 2013 12:56

bentukgelombangnya gimana tu gan ?

29 Juli, 2013 02:09

kalau pake transistor TIP3055 bisa ga sob??? soalnya saya ga punya yg bentuknya jengkol...

29 Juli, 2013 05:41

kemungkinan bisa sob aq sndiri blum, nyba pkai TIP 3055

bibo
29 Juli, 2013 06:28

mas inverter itu kan menghasilkan gelombang kotak dan frekuensinya kecil, maka utk memperbesar frekuensinya di gunakan kapasitor, dan kapasitornya itu harus 5 mikrofarad atau 5 milifarad?

bobi
30 Juli, 2013 09:32

om inverter itu kan menghasilkan gelombang kotak dan frekuensinya kecil, maka utk memperbesar frekuensinya di gunakan kapasitor, dan kapasitornya itu harus 5 mikrofarad atau 5 milifarad? (5uf/5mf?)

Anonim
21 Oktober, 2013 08:43

terimakasih om infonya

www.ensiklopedia-harian.com

Anonim
25 Oktober, 2013 14:44

mas bro terima kasih atas ilmunya, tapi saya lihat rangkaiannya sederhana sekali, kebetulan saya lagi nyari2 rangkaian inverter sy lihat rangkaian inverter lain sangat rumit dan banyak komponennya termasuk IC kira2 apa kekurangan dan kelebihannya thanks mas bro

03 November, 2013 10:12

Itu supplynya (aki) dipake brapa amper gan ?

14 November, 2013 16:26

Broo
Ane dah coba buat tapi kok Idupnya cuma pas di masukin ke aki
ane sambungin Travonya yg ac ke 0 dan 220 v apa salah ya brooh ?

24 November, 2013 21:56

Mas brow knapa sya bwat invertr kya di atas kalo kosong tegangan nya nyampek 250v tapi kalo buat ngidupin lampu satu 15w ko gk idup ya knapa ? Apa ada yg slh?

04 Desember, 2013 14:34

Mau tanya boz trafonya pake trafo biasa atau step up soalnya cari yang step up ga ada. Trims

12 Desember, 2013 23:55

Gan saya punya dvd bmc type bm 081p mati stanby kira kira komponen yang mana perlu d ganti? Tolong informasinya aq tunggu terima kasih.

01 Februari, 2014 21:13

nimbrung aaah..mantap nih rangkaian,sy sudah coba gan dg memakai travo 1 Ampere,jengkol 2,resistor 2k2 diparalel @3 buah-3 buah,menggunakan aki motor 12v/5A,Untuk menghidupkan neon jari 15watt nayala terang,bohlam 5watt redup,NAMUN sayang gan...buat nyalain notebook / ngeecas notebook NGGA KUAT,mhn solusi,apa travo 1Ampere perlu diganti yg 2 Ampere atau gmn gan...mhn bls di email sudinakhmad@gmail.com ya...trims...maju terus gan...

Anonim
05 Maret, 2014 21:43

saya pernah nyoba pakai pendingin satu,dua transistor kok gak nyala ya mas?

10 Maret, 2014 20:01

Masukan dari aku...
Aku pernah coba..untuk resistor aku pakai 680 ohm... Bisa jg...mungkin agan agan susah tuk mendapatkan r yg ada gambar di atas...
Semoga membantu....
Matur suwun....

25 Maret, 2014 14:53

saya sudah coba rangkaian ini berhasil gan, kendala cuma resistor di pasaran cuma tersedia 680ohm,jadi supaya pas hitungan 690ohm saya tambahin resistor 10ohm (resistor 10ohm nya bisa kanibal dari lampu TL bekas kl males balik ke toko lagi, resistor warna coklat-hitam-hitam-emas) di pasang secara seri (680ohm+10ohm=690ohm), kl untuk pendingin transistornya nya saya pake bekas pendingin processor komputer tinggal di bor beberapa lubang,kl mau lebih ngirit lagi bisa pake kaleng minuman bersoda yg berbahan alumunium.thanks ilmunya agan2 smua smoga bermanfaat utk semua

Poskan Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda kritik,saran,dan pertanyaan
silahkan tulis di kolom komentar.


DI LARANG KERAS MENGAMBIL / COPY PASTE SELURUH ARTIKEL DARI BLOG INI KARENA DI LINDUNGI PIHAK DMCA.

 
Support :
Copyright © 2011. DIVAIZZ - All Rights Reserved