Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Adaptor 5 Volt Tanpa Trafo

Cara Membuat Adaptor 5 Volt Tanpa Trafo. Seperti yang diketahui secara umum adaptor memiliki berbagai fungsi dan kegunaan sebagai misal adaptor ini bisa kita gunakan untuk menyalakan lampu LED atau juga untuk charger HP dan lain sebagainya.

Dengan rangkaian adaptor 5 Volt tanpa Trafo ini maka kita tidak perlu membeli adaptor atau charger HP yang lumayan mahal, kita bisa membuat adaptor sederhana tanpa Trafo sendiri yang bisa kita gunakan sebagai alternatif untuk men-charger HP kita, dengan demikian kita bisa lebih kreatif dan sudah pasti hemat biaya.

Rangkaian adaptor 5V tanpa Trafo ini tidak membutuhkan komponen yang terlalu banyak sangatlah praktis, simple, sehingga kita akan mudah untuk merakit nya, dan tentu dengan biaya yang sangat murah.

Cara Membuat Adaptor 5 Volt Tanpa Trafo.


Cara Membuat Adaptor 5 Volt Tanpa Trafo

Nah, apabila Anda sudah yakin untuk merakit adaptor 5 Volt tanpa Trafo atau membuat adaptor 5 Volt tanpa Trafo ini maka berikut ini lah skema adaptor 5 Volt tanpa Trafo beserta komponen-komponen yang harus disediakan.

Skema adaptor 5 Volt tanpa Trafo.


Skema adaptor 5 V tanpa trafo - www.divaiz.com

Komponen adaptor 5 Volt tanpa Trafo.


R1 = 1 M / 1 Mega Ohm
R2 = 10 Ohm
R3 = 100 Ohm
R4 = 150 Ohm
D1-4 = Dioda 1N4007
D5 = Dioda Zener 5V
C1 = Kapasitor Milar/ Mika 105K / 400V
C2 = Elco 220uF / 25V
L1 = Lampu LED

Komponen adaptor 5v tanpa Trafo - www.divaiz.com

Cara membuat nya cukuplah mudah kita tinggal merangkai nya seperti skema di atas, dan yang perlu di ingat jangan sampai kita salah dalam pemasangan komponen. Apabila hal itu terjadi maka akibat nya bisa fatal karena pada bagian input tegangan langsung dari sumber tegangan listrik PLN atau langsung dari tegangan tinggi.

Sementara untuk tata letak Anda bisa menyesuaikan sesuka Anda, namun tetap mengacu pada skema adaptor 5 Volt di atas. Apabila semua sudah terpasang dan juga sudah di teliti tidak ada kesalahan atau pun konsleting dalam penyambungan maka selanjutnya kita cek dan kita ukur tegangan output nya.

Rangkaian adaptor 5v tanpa Trafo 2 - www.divaiz.com

Untuk menentukan besarnya tegangan output atau tegangan yang dihasilkan tergantung dari dioda zener yang kita gunakan. Apabila Anda ingin tegangan output nya 12 Volt maka gunakan dioda zener 12 volt.

Sedangkan besarnya arus yang dihasilkan tergantung dari nilai kapasitor milar atau mika yang dipasang pada input rangkaian adaptor 5 Volt.

Penambahan nilai kapasitor menyebabkan bertambah besar arus dan akan menghasilkan daya yang lebih besar sehingga dibutuhkan komponen yang memiliki daya tahan lebih besar pula.

Demikian pembahasan kali ini semoga bisa menambah wawasan kita tentang dunia elektronika dan juga semoga bisa bermanfaat untuk kita bersama.

7 komentar untuk "Cara Membuat Adaptor 5 Volt Tanpa Trafo"

  1. mohon bantuannya untuk menghasilkan 2 ampere .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menaikan Ampere bisa dirubah atau menambah kapasitor C1

      Hapus
  2. Balasan
    1. Maaf jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa komentar saja ya. Terima kasih

      Hapus
  3. Berarti kloau nambah Ampere ganti keramiknya dengan berapa volt bos ?,

    BalasHapus
  4. Capacitornya 105J boleh gak?

    BalasHapus