Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Modif Socl 504 Agar Bass Lebih Nendang dan Mantap Untuk Lapangan

Cara Modif Socl 504 Agar Bass Lebih Nendang dan Mantap Untuk Lapangan. Driver socl 504 kini menjadi tren para pecinta audio baik rumahan dan juga audio sound system. Rasanya driver yang satu ini memang sudah tidak asing lagi, karena dipasaran dan di toko-toko part elektronik telah banyak yang menyediakan kit driver socl 504 ini.

Jika menilik dari berbagai sumber dan setelah admin melakukan eksperimen terhadap kit ini mengenai karakter dari socl 504 menurut admin karakter yang dihasilkan lebih ke low dan sub yang empuk dan glerr. Untuk sekelas amplifier ruangan atau rumahan dengan tidak dimodifikasi pun suara sudah enak dan mantap.

Namun, jika kalian ingin memodifikasinya juga tidaklah masalah, dalam pembahasan kali ini admin lebih mengarah modifikasi kit socl 504 untuk amplifier luar ruangan atau lapangan. Kenapa demikian? setelah admin coba menggunakan socl 504 untuk power amplifier lapangan ternyata suara lebih ke frekuensi rendah dan bisa dibilang kurang hentakannya kurang nendang.

Nah, jika kalian ingin melakukan modifikasi driver socl 504 ini maka tentun ada beberpa komponen yang harus diganti supaya suara lebih mantap dan nendang. Berikut urutan dan letak komponen-komponen socl 504 yang perlu diganti.

Cara Modif Socl 504 Agar Bass Mantap Untuk Lapangan.


Cara Modif Socl 504 Agar Bass Mantap


Adapun komponen-komponen yang diganti adalah sebagai berikut :

  • Ganti TR KSE340 dengan TIP 31 atau TIP 41
  • Ganti R 27k dengan 33k
  • Ganti Elco 10uf/50v dengan 22uf/50v

Dengan modifikasi tersebut maka suara bisa lebih keluar dan semakin nendang. Untuk hasil yang maksimal gunakan komponen dan transistor final yang berkualitas bagus. Rekomendasi gunakan transistor final minimal 4 set per chanel.

Untuk detail letak komponen yang di ganti kalian bisa download gambarnya di bawah ini.


Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak tutorial video berikut :



Selain itu, daya power supply juga harus mumpuni sehingga saat amplifier menghentak nada bass tegangan supply tidak drop dan mampu memberi pasokan supply yang optimal.

Demikian pembahsan tentang modifikasi driver socl 504. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat sekaligus bisa menjadikan referensi bersama, jangan lupa share agar rekan-rekan sesama hobi bisa mengetahui informasi modifikasi ini.

7 komentar untuk "Cara Modif Socl 504 Agar Bass Lebih Nendang dan Mantap Untuk Lapangan"

  1. Kse 340 di ganti tip 41 pemasangan nya di balik gak?

    BalasHapus
  2. Untuk pemasangan tip nya dibalik atau menghadap ke bawah

    BalasHapus
  3. Elco yang 10uf kalo d ganti dgn 47uf.bisa gx mas

    BalasHapus
  4. Untuk travonya itu berap amper, dan kalau 5@besar bisa dak trimakasih

    BalasHapus
  5. Mas kalau pesan untuk rakitan nya bisa gak ya..?
    Untuk subwoofer 6 inch dan harga nya berapa..?

    BalasHapus